Hari Kedua MATSAMA MTsN 4 Kebumen: Tumbuhkan Disiplin dan Toleransi Sejak Dini

Kebumen – Selasa, 15 Juli 2025
Kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) di MTsN 4 Kebumen memasuki hari kedua dengan semangat yang terus terjaga. Sebanyak 256 siswa siswi baru kembali mengikuti berbagai kegiatan edukatif yang dirancang untuk membekali mereka dengan nilai-nilai dasar kehidupan di madrasah.

Hari kedua dimulai pukul 07.00 WIB dengan sesi Check In Peserta yang dipandu oleh Ade Sarwoko, S.Pd, di Gedung Olahraga. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi Tata Tertib Peserta Didik oleh Khoirun Nisa A.I., S.Psi, yang menekankan pentingnya kedisiplinan, etika berperilaku, dan kepatuhan terhadap aturan madrasah.

Sesi berikutnya mengangkat tema Wawasan Kebangsaan dan Kearifan Budaya Lokal, disampaikan oleh Titi Purwati, S.Pd, untuk menanamkan rasa cinta tanah air serta penghargaan terhadap budaya daerah. Materi dilanjutkan oleh Imro’atul Khabibah, S.Sos, yang mengajak siswa merenungi pentingnya Toleransi dan Penolakan terhadap Kekerasan dalam kehidupan sosial dan pergaulan sehari-hari.

Setelah istirahat dan sholat Duha berjamaah, kegiatan berlanjut dengan sesi Peminatan dan Ekstrakurikuler oleh Kingkinarto TP, S.Pd, yang mengenalkan berbagai kegiatan pilihan yang dapat diikuti siswa. Materi Budaya Digital yang disampaikan oleh Hendro Setiyo U., S.Kom, menjadi highlight hari ini, membekali siswa dengan wawasan literasi digital dan penggunaan teknologi secara sehat dan bertanggung jawab.

Menjelang siang, para siswa melakukan Tour Madrasah yang dipandu oleh pengurus OSIS. Kegiatan ini memberi kesempatan siswa baru untuk mengenal berbagai fasilitas madrasah, mulai dari ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, hingga kantin dan masjid.

Hari kedua ditutup dengan kegiatan sholat Dhuhur berjamaah dan makan siang bersama, membangun kebersamaan dan semangat kekeluargaan antarsiswa.

MATSAMA akan berlanjut pada hari ketiga, Rabu (16/07), dengan kegiatan ekspresi seni dan budaya serta acara penutupan resmi.

Facebook
Twitter
Email
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Article